NF Computer

Pelatihan Linux Complete dan Shell Programming – Nurul Fikri Computer (NF COMPUTER) dan Badan Informasi Geospasial telah beberapa kali menjalankan kerja sama dalam pelatihan komputer untuk para karyawan Badan Informasi Geospasial. Pada November-Desember 2016 ini kembali diadakan kerja sama Pelatihan Linux Complete dan Shell Programming.”

Pelatihan Linux Complete & Shell Programming Pelatihan Linux Complete & Shell Programming

Pelatihan dilaksanakan dalam dua gelombang, masing-masing berlangsung selama lima hari. Gelombang pertama yang di ikuti 6 orang peserta dilaksanakan pada 14-18 November 2016. Gelombang kedua yang di ikuti 11 orang peserta dilaksanakan dari tanggal 28 November hingga 2 Desember 2016. Pelatihan dilaksanakan di gedung Balai Diklat Badan Informasi Geospasial yang beralamat di Jl. Raya Jakarta-Bogor KM. 46, Cibinong, Bogor, Jawa Barat.

Pelatihan Linux Complete dan Shell Programming Pelatihan Linux Complete & Shell Programming

Hari pertama pelatihan diawali dengan Pre Test yang dilakukan secara online. Pre Test ini dilakukan untuk mendapatkan informasi mengenai pengetahuan awal setiap peserta terhadap materi yang akan diajarkan. Bertindak sebagai instruktur adalah Bapak Dudi Fitriahadi. S.Kom. Materi yang diajarkan meliputi pengantar Linux, perintah dasar Linux, editor vi, manajemen service, manajemen user, manajemen software, server Samba, pengantar shell, cara membuat shell script, variabel & array, seleksi dengan if & case, pengulangan dengan for, while & until, dan perintah select dan fungsi. Pada hari terakhir pelatihan dilakukan evaluasi berupa Post Test yang dilaksanakan juga secara online. (DF)