NF Computer

5 Tips video editing untuk membuat video semakin keren

Multimedia merupakan salah satu sarana atau media yang di dalamnya terdapat perpaduan atau kombinasi dari berbagai bentuk elemen informasi. Kombinasi elemen tersebut diantaranya adalah teks, graphics, animasi , video, interaktif maupun suara sebagai pendukung untuk mencapai t ujuannya. Tujuan yang dimaksud adalah menyampaikan informasi atau sekedar memberikan hiburan bagi target audiens– nya, seperti game. Kata multimedia itu sendiri berasal dari kata multi (Bahasa Latin) yang artinya banyak. Sementara itu kata media berarti sesuatu yang digunakan untuk menyampaikan sesuatu.

Multimedia dapat dikategorikan menjadi dua macam, yaitu :

  1. Multimedia linier, merupakan multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun dan dapat dioperasikan oleh pengguna. Multimedia linier ini berjalan secara sekuensial atau berurutan, seperti TV dan film. Sementara itu, multimedia interaktif merupakan multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol atau alat bantu yang berupa komputer, mouse, keyboard dan yang lainnya yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga para penggunanya dapat memilih apa yang mereka inginkan untuk pros es selanjutnya. Salah satu contohnya adalah aplikasi game.
  2. Multimedia interaktif, adalah multimedia yang menggabungkan dan mensinergikan semua media yang ada seperti teks, grafik, audio dan interaktivitas.

Berikut ini beberapa manfaat multimedia dalam kehid upan sehari-hari yang perlu Anda sadari.

Bidang Pendidikan

Dalam bidang pendidikan, ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari keberadaan multimedia. Beberapa manfaat tersebut diantaranya :

  1. Memudahkan para pelajar dalam memahami dan mengingat isi pelajaran yang mereka pelajari
  2. Menyampaikan isi pelajaran dengan canggih dan berkesan
  3. Mampu menunjukkan dunia sekitar yang kaya dengan ilmu pengetahuan
  4. Terjadinya interaksi antara siswa dengan teknologi terkini
  5. Memberikan peluang kepada para guru untuk mengubah cara belajar dan mengajar dengan lebih menyenangkan

Bidang Kesehatan

Dalam bidang kesehatan, multimedia juga m emiliki sejumlah manfaat yang bisa Anda rasakan. Salah satu manfaat tersebut adalah memudahkan para dokter dan perawat dalam memantau kesehatan pasien melalui monitor komuputer yang mereka gunakan.

Bidang Transportasi

Dalam bidang transportasi, keberadaan multimedia juga tidak kalah pentingnya. Buktinya, dengan adanya komputer maka semua jadwal dan jalur penerbangan yang transit di bandara bisa di program dan dijadwalkan dengan komputer. Selain itu, untuk menerbangkan pesawat juga dilengkapi dengan peralata n komputer. Bahkan setelah mencapai ketinggian tertentu, pesawat bisa diterbangkan secara otomatis dengan pilot otomatis yang sudah diprogram di dalam komputer. Selain dalam penerbangan, komputer juga memiliki peran penting dalam transprotasi kapal laut. H al ini dikarenakan nav igasi kapal laut dapat ditentukan oleh kooridnat dan arah gerak kapal.

Bidang Industri Perfilman

Dalam industri perfilman, semua efek, animasi dan penyuntingannya dilakukan dengan menggunakan perangkat elektronik yang dihubungkan deng an menggunakan komputer. Selain itu, animasinya juga dikembangkan dengan menggunakan animasi yang dibuat dengan aplikasi komputer.

Bidang Perdagangan

Kehadiran multimedia dalam kehidupan sehari – hari dapat mengubah cara orang dalam berbelanja. Daripada lela h menelusuri setiap toko untuk menemukan barang yang diinginan, akan lebih mudah bagi Anda untuk menggunakan layanan teleshopping atau home shopping yang dapat memungkinkan Anda untuk berbelanja di rumah.

Setelah mengetahui manfaat dari multimedia dalam ke hidupan sehari – hari, mungkin Anda juga tergerak untuk memiliki keterampilan dalam menggunakannya. Meskipun sudah banyak orang yang mengerti cara penggunaanya, namun masih ada pula orang yang belum mengerti sama sekali atau yang biasa dibilang ‘gaptek’. Jik a Anda merupakan salah satu dari orang yang belum memahami cara mengoperasikan komputer tersebut, maka Anda tidak perlu khawatir. Hal ini dikarenakan saat ini sudah banyak sekali tempat yang menyediakan jasa kursus multimedia yang bisa Anda datangi. Dengan m engikuti kursus tersebut, Anda bisa belajar cara mengoperasikan komputer hingga Anda benar – benar memahami cara mengoperasikannya. Semoga bermanfaat