NF Computer

Traning Android Native Programming di Bukit Asam Foundation – Bukit Asam Foundation sebagai yayasan di bawah naungan PT Tambang Batubara Bukit Asam (Persero) Tbk bekerja sama dengan NF COMPUTER menyelenggarakan pelatihan Pemrograman Android selama tiga pekan 16 Januari – 7 Februari 2017 di Tanjung Enim, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan. Peserta pelatihan terdiri atas 3  guru dan siswa SMA Bukit Asam, 6 guru dan siswa SMK Bukit Asam, 3 staf Yayasan Bukit Asam, dan 2 staf PT Bukit Asam. Pelatihan diselenggarakan di ruangan serbaguna dan laboratorium komputer SMK Bukit Asam – Lawang Kidul, Tanjung Enim.

Traning Android Native Programming di Bukit Asam Foundation

Materi pelatihan Android Programming berfokus pada hasil akhir berupa aplikasi Android yang mendukung bisnis proses pada unit kerja-unit kerja Bukit Asam Foundation. Materi dimulai dengan pengenalan konsep pemrograman berorienetasi objek (OOP) menggunakan bahasa pemrograman Java yang digunakan sebagai bahasa pemrograman pada android native programming. Materi berikutnya pengenalan web service untuk akses data dari aplikasi di sisi server. Kemudian pemrograman native dengan materi setup dan instalasi lingkungan pengembangan android, android activity, android layout UI/UX, android component, android custom adapter, android SQLite, android read data web service, android authentication dan create apk dan publish ke android playstore.

Instruktur Traning Android Native Programming di Bukit Asam Foundation adalah praktisi programming android dan dosen STT Terpadu Nurul Fikri – Sirojul Munir S.Si,M.Kom, instruktur android dan web programming NF COMPUTER, Danil Syahrizal S.Kom, dan  Edo Riansyah, S.Kom. Menurut instruktur Bapak Sirojul Munir, dalam pelatihan android ini peserta dihadapkan pada kasus langsung sesuai kebutuhan masing-masing unit kerja. Untuk SMA dan SMK, peserta diajarkan mengakses data siswa dari sistem informasi sekolah, dan untuk staf yayasan diberi kasus akses data absensi pegawai dari sistem informasi absensi kepegawaian.

Bapak Harmoko – peserta Training Android Native Programming di Bukit Asam Foundation adalah guru bidang studi TKJ SMK Bukit Asam – mengungkapkan, “Insya Allah setelah pelatihan ini kita akan membuat beberapa aplikasi android untuk dapat diakses oleh siswa dan orang tua murid, sehingga orang tua murid bisa melihat perkembangan hasil pembelajaran di sekolah menggunakan smartphone mereka.”

Pak Indra – staf Bukit Asam Foundation menambahkan, “Dari segi infrastruktur server kita sudah siap, karena sekolah-sekolah di lingkungan bukit asam foundation telah menggunakan sistem informasi sekolah JIBAS atau Jaringan Informasi Bersama Antar Sekolah sebagai sistem informasi terpadu, sehingga data yang dibutuhkan untuk diakses oleh aplikasi android telah ada, dan kita belajar bagaimana mengakses data menggunakan web service untuk ditampilkan di aplikasi android.” <SM>