NF Computer

Holiday Fun Course – NF COMPUTER kembali membuat Holiday Fun Course pada waktu libur sekolah. Program ini diperuntukkan bagi mahasiswa/mahasiswi, siswa/siswi sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas atau yang setara. Holiday Fun Course merupakan kelanjutan Ramadhan Fun Course, yang diadakan setelah melihat antusias jumlah peserta yang mendaftar. NF Computer mengangkat tiga materi yang disukai dan cocok untuk anak muda, yaitu Creating Brochure with Adobe Photoshop, Robotics, dan Creating 3D Simple Object with Blender.

Masing-masing materi hanya berdurasi 8 jam selama dua hari. Pelatihan dibuat singkat dikarenakan langsung praktek membuat karya dengan dibimbing instruktur yang kompeten di bidangnya. Berikut ini laporan singkat pelatihan “Creating 3D Simple Object with Blender”.

Pelatihan membuat objek 3D yang simpel dengan Blender berlangsung pada tanggal 8-9 Juli 2017 di NF COMPUTER Training Center, Jln. Lenteng Agung Raya 20-21 Jakarta Selatan. Pelatihan dibimbing oleh Bapak Sugandhi yang menguasai aplikasi animasi bernama Blender di laboratarium komputer yang dilengkapi software Blender dan modul pelatihan.

Peserta yang umumnya duduk di bangku SMP yang menyukai animasi dan tertarik untuk memperdalam setidaknya dapat membuat satu objek sederhana. Peserta diajarkan membuat helikopter yang bisa berputar dan terbang dengan menggunakan Blender. Blender merupakan software free/open source untuk membuat gambar 3D dan animasi. Software ini antara lain digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif, dan permainan video. Blender memiliki beberapa fitur termasuk permodelan 3D, pentekturan, penyunting gambar bitmap, penulangan, simulasi cairan dan asap, simulasi partikel, animasi, penyunting video, pemahat digital, dan rendering (sumber: wikipedia).

Pada awal pelatihan peserta diajarkan pengenalan tools dalam Blender. Selanjutnya mulai membuat modelling, membuat animasi, lalu membuat obyek dengan Blender. Proses paling lama adalah saat membuat animasi, yaitu bagaimana helikopter dapat terbang. Juga pada saat rendering. Rendering adalah proses dari membangun gambar dari sebuah model (atau model yang secara koletif dapat disebut sebuah berkas adegan) melalui program komputer, misal Blender.

Di akhir pelatihan setelah peserta memperlihatkan hasil animasi karyanya, tim NF COMPUTER membantu peserta untuk install software Blender di laptopnya agar mereka dapat mencobanya di rumah atau ingin menunjukkan ke orang tuanya. NF Computer berharap pelatihan ini membawa manfaat untuk peserta di masa depan dan menjadi kebahagiaan untuk orang tuanya.