NF Computer

PT Nusa Satu Inti Artha (DOKU) dikenal sebagai perusahaan penyedia layanan pembayaran elektronik dan manajemen resiko pertama di Indonesia. Dengan semangat kerja keras dan totalitas dalam mendukung kebutuhan bisnis online para merchant, DOKU semakin dipercaya dan menjadi layanan pembayaran elektronik pilihan bagi merchant nasional maupun internasional.

Training Linux Complete

Seiring dengan berkembangnya portfolio merchant DOKU baik dari sisi jumlah maupun jenis industri, sistem manajemen resiko DOKU pun semakin terasah dan mumpuni menganalisis berbagai transaksi, sehingga sangat berperan dalam meningkatkan jumlah transaksi sukses para merchant.
Di masa mendatang penggunaan Training Linux Complete harus lebih diterapkan karena dari segi biaya jauh lebih murah dibandingkan software impor, dan dari segi kehandalan juga jauh lebih baik (Menkominfo – pada deklarasi IGOS 2004).

Dalam mendukung dan menerapkan penggunaan Software Open Source Tim IT Integrasi PT Nusa Satu Inti Artha (DOKU) bekerja sama dengan NF COMPUTER menyelenggarakan pelatihan Linux Complete untuk meningkatkan kompetensi para pegawai DOKU. Pelatihan dilaksanakan dalam dua batch. Pelatihan batch pertama dilaksanakan pada 27 Februari dan 1 Maret 2018, sedangkan batch kedua dilaksanakan pada 2 dan 9 Maret 2018.

Pelatihan dilaksanakan di kantor PT Nusa Satu Inti Artha (DOKU) Plaza Asia Office Park Unit 3, Jalan Jendral Sudirman Kavling 59, Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta. NF COMPUTER menugaskan instruktur Nasrul, S.Pd.I., S.Kom. dan Nanang Kuswana, S.Kom. didampingi asisten instruktur Yuliadi, A.Md. dan Wahyu Januar, A.Md.

Pelatihan Linux Complete merupakan gabungan materi Linux Basic dan Linux System Administration & Networking. Peserta diharapkan mampu menguasai Linux dengan cepat dan tidak setengah-setengah dalam penguasaan materinya. Pokok materi meliputi pengantar dan instalasi Linux, mengakses sistem Linux, mengenal file dan struktur direktori Linux, menggunakan perintah-perintah dasar Linux, mengunakan teks edtor Vi, bekerja dalam lingkungan X Window, proses boot dan run level, manajemen user dan group, manajemen software, pengantar dan konfigurasi jaringan, dan konfigurasi layanan jaringan (dns, web, email, samba, dan proxy).

Aldiona Akbar, salah satu peserta pada batch pertama dari tim IT Integrasi PT Nusa Satu Inti Artha (DOKU) mengatakan, “NF COMPUTER oke dan keren. Selama mengikuti pelatihan dari NF COMPUTER materi yang diberikan cukup bagus, berbobot, dan instrukturnya sangat menguasai materi. Saya berharap materi yang diberikan bisa bermanfaat dalam mendukung pekerjaan sehari-hari.”

Pada batch kedua, Andi Kusbiantoro salah satu peserta memberikan kesan dan harapannya selama mengikuti pelatihan Linux Complete. “NF COMPUTER memang oke. Selama mengikuti pelatihan sangat menyenangkan, instrukturnya tidak kaku, dan have fun merasa nyaman,” ujar Andi Kusbiantoro.

Sesuai dengan misinya, NF COMPUTER selalu berupaya memberikan solusi dan inovasi dalam hal pelayanan training di bidang komputer dengan kualitas terbaik. Semoga ke depannya NF COMPUTER masih tetap dapat berkarya demi terciptanya masyarakat yang berwawasan dan berkemampuan IT yang mumpuni. (daseh)