NF Computer

Uji Kompetensi Aplikasi Perkantoran di LKP Techno InformatikaBekasi, (21/01/2016). LKP Techno Informatika bekerjasama dengan TUK-TIK NF COMPUTER menyelenggarakan Uji Kompetensi Aplikasi Perkantoran untuk mendapatkan sertifikasi kompetensi TIK dari Lembaga Sertifikasi Kompetensi TIK (LSK TIK) yang telah diakui oleh     Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari program Pendidikan Kecakapan Hidup atau PKH bantuan dari Kemendikbud. Kegiatan diawali dengan pembukaan dan sambutan oleh Pimpinan LKP Techno Informatika Bapak Ali Mustofa. Pak Ali mengatakan, “Uji Kompetensi kami selenggarakan agar calon tenaga kerja memiliki sertifikasi komptensi yang diakui secara nasional dan siap bekerja pada berbagai bidang khususnya yang ada keterkaitannya dengan penggunakan aplikasi perkantoran.”

Bapak Hafidz Atamim, selaku pengawas yang ditugaskan TUK-TIK NF COMPUTER membacakan tata tertib pelaksanaan Uji Kompetensi, membuka dan membagikan soal.

Terdapat tiga jenis soal untuk aplikasi perkantoran, yaitu Word Processor, SpreadSheet, dan Power Point.
Sesi pertama diawali dengan materi “Word Processor” dengan waktu 120 menit. Terdapat empat jenis soal untuk kategori ini, yaitu indentasi, table, column, dan mailmerge. Tingkat kesulitan pada tiap jenis soal berbeda-beda.
Sesi kedua, materi yang diujikan adalah SpreadSheet dengan waktu 120 menit. Terdapat 6 jenis soal untuk kategori ini, yaitu: logika if, pembacaan table, statistik database, grafik, format text dan sort/filter. Pada sesi ini peserta terlihat sedikit kesulitan karena soalnya bisa dikategorikan level advanced.
Sesi ketiga atau sesi yang terakhir materi yang diujikan adalah PowerPoint.  Pada sesi ini peserta diminta membuat 6 slide presentasi dengan fungsi dan animasi yang telah ditentukan.
Pada tiap akhir sesi pengawas melakukan beberapa kegiatan, yaitu:

  1. Mengisi berita acara
  2. Mendokumentasikan kegiatan dalam bentuk foto
  3. Mendokumentasikan semua hasil pekerjaan peserta UJK dalam format kompresi
  4. Mengirim hasil UJK ke LSK TIK untuk di proses selanjutnya
  5. Mengirim SMS konfirmasi bahwa hasil UJK telah dikirim

Bapak Ali Mustofa menutup kegiatan Uji Kompetensi dengan mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh peserta, dan khususnya kepada TUK-TIK STT Terpadu Nurul Fikri, dan berpesan kepada peserta agar hasil yang diperoleh nanti bisa menjadi bekal ketika bekerja dan terjun dimasyarakat.