NF Computer

5 Aplikasi yang terpopuler untuk Coding Tahun 2023

Tren dalam dunia pemrograman selalu berubah seiring dengan perkembangan teknologi. Tahun 2023 membawa perubahan baru dalam hal aplikasi yang digunakan oleh para pengembang untuk coding. Berikut adalah 5 (lima) aplikasi yang terpopuler untuk coding pada tahun 2023:

1. Notepad++

Aplikasi coding ini cukup banyak digunakan para programmer aplikasi ini sangat mudah digunakan terutama bagi pemula yang baru terjun didunia programmer. Tetapi aplikasi Notepad++ sangat berbeda dengan aplikasi notepad biasa bawaan windows. Notepad++ ini telah ditambahkan banyak plugins-plugins.

5 Aplikasi yang terpopuler untuk Coding Tahun 2023 – Notepad++

Fitur canggih yang terdapat pada Notepad++ ini seperti text-shortening, macro recording, dan shortcut costumization. Aplikasi gratis Notepad++ ini memiliki pendeteksi berbagai macam bahasa pemrograman seperti Assembly, C, Perl, PHP, Python, C++, Java, Javascript, C#, CSS, HTML, Pascal, Ruby, Shell, SQL, VB dan XML.

2. Visual Studio Code

Aplikasi Visual Studio Code mudah melakukan Pengeditan kode dan semua kode dapat didefinisikan ulang tidak hanya itu Edit dan debug aplikasi ini bisa di Sistem operasi manapun Visual studio code ini memiliki lebih dari 20.000 ekstension dan gratis dan open source.

5 Aplikasi yang terpopuler untuk Coding Tahun 2023 – Visual Studio Code

Visual Studio Code dapat digunakan di Windows, macOS, Linux. Aplikasi ini digunakan programmer untuk mengembangkan aplikasi untuk Android, iOS, Mac, Windwos, web dan cloud.

3. Sublime Text

Aplikasi ini cukup banyak digunakan untuk para programmer diindonesia. Aplikasi ini sangat kompatibel di semua versi Windows, Mac, maupun versi Linux. Sublime Text ini cukup mudah digunakan, Aplikasi ini sangat cocok untuk programmer khususnya web developer karena kombinasi warna kode dapat memudahkan pemisahan kode-kode seperti warna dan ukuran.

5 Aplikasi yang terpopuler untuk Coding Tahun 2023 – Sublime Text

4. Atom

Atom ini adalah aplikasi dekstop yang dibangun dengan integrasi sebuah HTML dan Aplikasi ini dapat bekerja di seluruh sistem operasi, Seperti OS X, Windows, atau Linux. Aplikasi ini digunakan seorang programmer untuk kebutuhan aplikasi yang menggunakan teknologi Web.

5 Aplikasi yang terpopuler untuk Coding Tahun 2023 – Atom

Tools yang terdapat di aplikasi ini seperti pelengkap otomatis yaitu yang dapat membantu Anda menulis code lebih cepat. Aplikasi ini juga memiliki fitur perlengkapan otomatis yang cerdas dan fleksibel.

5. Eclipse

Eclipse adalah IDE yang populer terutama dalam pengembangan perangkat lunak berbasis Java. Aplikasi ini memiliki ekosistem yang luas dan banyak plugin yang mendukung pengembangan berbagai jenis proyek.

5 Aplikasi yang terpopuler untuk Coding Tahun 2023 – Eclipse

6. Xcode

Xcode adalah IDE resmi untuk pengembangan aplikasi iOS dan macOS. Para developer yang berfokus pada pengembangan aplikasi untuk platform Apple akan sangat diuntungkan dengan fitur-fitur Xcode.

5 Aplikasi yang terpopuler untuk Coding Tahun 2023 – Xcode

Xcode adalah IDE resmi untuk pengembangan aplikasi iOS dan macOS. Para developer yang berfokus pada pengembangan aplikasi untuk platform Apple akan sangat diuntungkan dengan fitur-fitur Xcode.

Itulah beberapa aplikasi yang terpopuler untuk Coding Tahun 2023 yang cukup populer dan banyak digunakan oleh para programmer atau developer. Seiring dengan perkembangan teknologi, kemungkinan akan muncul alat-alat baru yang bisa menggeser popularitas aplikasi-aplikasi ini, jadi selalu penting untuk tetap mengikuti perkembangan terbaru di dunia pemrograman.