NF Computer

Cyber Crime

Cyber crime adalah berbagai macam akses ilegal terhadap suatu transmisi data. Dengan kata lain, kejahatan siber merupakan aktivitas yang tidak sah pada suatu sistem komputer atau masuk dalam kategori tindak kejahatan di dunia maya. Sasaran kejahatan siber ini adalah komputer yang terhubung ke jaringan internet.

Cyber crime dilakukan dengan beragam tujuan. Mulai dari iseng mengetes kemampuan hacking, hingga kejahatan serius yang bisa merugikan korbannya secara finansial. Salah satu kejahatan siber yang marak terjadi di Indonesia adalah social engineering attack atau rekayasa sosial. Social engineering merupakan teknik manipulasi yang memanfaatkan kesalahan manusia untuk mendapatkan akses informasi pribadi atau data berharga. Ada beberapa cara untuk mencegah terkena cyber crime, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Gunakan Security Software yang Up to Date

Penting untuk menjaga Security Software kita tetap terbarukan atau up to date.  Perlakuan ini akan memberikan pendefinisian kembali atas ancaman cybercrime maupun  virus yang belum didefinisikan pada versi sebelumnya. Pembaruan ini sangat berguna  bagi pengguna yang cukup sering menggunakan koneksi internet. Disarankan bagi para  pemilik gadget menggunakan Security Software untuk membuka akses ke internet. Hal  ini harus dilakukan minimal dua atau tiga kali dalam seminggu. Saat pengguna online,  secara otomatis Security Software akan meng-up to date versi terbarunya.

2. Melindungi Komputer

Menjaga keamanan, paling tidak kita harus mengaplikasikan tiga program, yaitu:

  • Antivirus : menjaga perangkat komputer dari virus
  • Antispyware : melindungi data pemakai agar tidak ada yang melacak kebiasaan kita saat online
  • Firewall : sistem atau perangkat yang mengijinkan lalu lintas jaringan yang  dianggap aman untuk melaluinya dan mencegah lalu lintas jaringan yang  tidak aman.

3. Buat Password yang sangat sulit

Bagaimana dengan password akun-akun kita seperti , akun jejaring sosial atau  akun tabungan online kita? sudah kah menggunakan password yang susah di  tebak? Jika belum cepat ganti password akun-akun kita untuk mencegah  terjadinya cybercrime terhadap kita. Bila bisa masukan campuran huruf kecil,  besar dan angka pada setiap akun kita agar memperkuat kata sandi kita. Contoh  kata sandi dengan di campur dengan angka C0ntOhNy4 . Kata sandi ini cukup  kuat untuk sandi akun kita karenana di campur dengan huruf kecil, besar dan  angka.

4. Back up data

Sebaiknya para pengguna komputer memiliki salinan dari dokumen  pribadinya, entah itu berupa foto, musik, atau yang lainnya. Ini bertujuan  agar data kita masih tetap bisa terselamatkan bila sewaktu-waktu terjadi  pencurian data atau ada kesalahan pada sistim komputer kita.

5. Jangan Sembarangan Mengklik Link yang Muncul di Social Network

Entah melalui Facebook, Twitter, atau Blog, sering kita temui link yang menarik  perhatian. Walaupun tidak mengetahui jelas soal apa link tersebut, sajian yang  menarik berupa iklan atau sekedar kuesioner dan angket membuat kita membukanya.  Tidak sedikit hal ini dijadikan peluang cybercrime atau penyebaran virus komputer.  Tidak jarang pula link seperti ini dikirimkan oleh teman atau saudara kita sendiri.  Maka dari itu, lebih baik hanya membuka iklan yang kita butuhkan saja. Jangan  tergiur akan sesuatu yang malah akan membuat kita terjebak dalam cybercrime atau  virus komputer.

Penulis:
Ahmad Maulana Fadillah