NF Computer

Bahasa Pemrograman Berbasis IOS

Bahasa Pemrograman Berbasis IOS

Pengguna dari aplikasi mobile banyak yang menggunakan perangkat IOS. Kelebihan dari IOS sendiri terletak dari sistem keamanan yang baik dibandingkan dengan Android. Tampilan dari perangkat yang terkesan mewah menjadi daya tarik tersendiri bagi penggemar perangkat mobile IOS.

Di sisi lain, semakin bagus kualitas produk yang ditawarkan maka, semakin banyak biaya yang harus dikeluarkan. Oleh karena itu, pengguna dari perangkat IOS sendiri masih terbilang sedikit. Sementara, dari sisi developer juga memiliki perbandingan yang besar antara Android dev dan IOS dev.

Jika anda seorang pengguna perangkat IOS dan tertarik untuk membuat aplikasi pada perangkat tersebut, sudah saatnya anda belajar bahasa pemrograman khusus untuk OS ini. Setidaknya terdapat 2 (dua) bahasa program populer saat ini yang dapat anda pelajari.

Baca Juga:

1. Swift

Bagi anda pengguna IOS terutama IPad dan IPhone, maka Swift menjadi pilihan tepat untuk membuat perangkat lunak. Swift sendiri diperkenalkan pada tahun 2014 dan kode programnya dirilis pada tahun 2015. Perusahaan besar maupun startup membutuhkan developer khusus untuk mengerjakan IOS.

Banyak sekali fitur-fitur baru yang tersedia bagi bahasa Swift yang telah disediakan oleh Apple. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan ekosistem dari IOS sendiri. Tools yang dapat anda gunakan adalah XCode IDE.

2. Objective – C

Objective – C merupakan bahasa populer yang sering digunakan oleh para IOS developer untuk mengembangkan aplikasi mobile. Namun, penggunaan saat ini sudah banyak diganti oleh Swift. Akan tetapi, beberapa fitur masih banyak membutuhkan dukungan dari bahasa Objective – C.

Bahasa ini menggunakan paradigma pemrograman OOP. Yang mana, akan sangat memudahkan dalam penyusunan kode program. Selain itu, juga menambahkan pesan gaya small-talk bagi pemrograman C dimana masih banyak menggunakan kode program yang panjang.

Tempat Kursus Pemograman: