NF Computer

Bahasa Pemograman Ruby

Bahasa Pemrograman adalah sebuah bahasa yang digunakan untuk menginstruksikan komputer atau sistem komputasi lainnya agar melakukan tugas-tugas tertentu. Bahasa ini digunakan untuk menulis kode atau program komputer, yang kemudian akan dieksekusi oleh komputer sesuai dengan instruksi yang telah ditentukan.

Bahasa pemrograman dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti mengembangkan perangkat lunak, aplikasi web, permainan komputer, sistem operasi, dan banyak lagi. Setiap bahasa pemrograman memiliki sintaksis dan aturan tertentu yang harus diikuti agar kode program dapat dipahami dan dieksekusi dengan benar oleh komputer.

Contoh-contoh bahasa pemrograman populer termasuk, PHPPythonJavaC++C#JavaScriptRubySQL dan banyak lagi. Setiap bahasa pemrograman memiliki karakteristik, kegunaan, dan kelebihan yang berbeda, sehingga pemilihan bahasa pemrograman yang tepat tergantung pada tujuan dan kebutuhan proyek yang sedang dijalankan.

Apa itu Ruby?

Ruby adalah bahasa pemrograman berbasis skrip yang berorientasi pada objek. Ruby bersifat open source, biasanya digunakan untuk membangun dan mengembangkan aplikasi web yang sederhana dan cepat.

  • Ruby Bersifat Open Source dan biasanya digunakan untuk membangun aplikasi web yang sederhana dan cepat.
  • Ruby dianggap sebagai bahasa yang flexsibel, karena bagian-bagian dari Ruby bisa diubah dengan bebas
  • Ruby dan Python sama-sama berorientasi pada objek. Implemtasinya seringkali mirip..
  • Beberapa Framework Ruby diantaranya Ruby / Rails, Sinatra, Padrino, Hanami, Scorched, dan Grape

Ruby dikembangkan oleh programmer asal Jepang bernama Yukihiro Matsumoto (Matz). Pada tahun 1993, Ia mulai membangun Ruby dengan tujuan menciptakan bahasa pemrograman yang dapat ditulis secara efisien.

Matz menggabungkan bahasa favoritnya, yakni Perl, Smaltalk, Eiffel, Ada, serta Lips untuk membangun bahasa pemrograman baru yang seimbang dari segi imperatif dan fungionalitasnya.

Ruby kemudian dirilis ke publik pada Desember 1995 dan mendapat respon yang baik. Semakin lama, Ruby berhasil meraih popularitas hingga ke seluruh dunia. Hal ini karena Ruby dapat disalin, dimodifikasi, dan didistribusikan ulang, sehingga banyak programmer seluruh dunia menggunakan Ruby.

Keunggulan Bahasa Pemrograman Ruby

Kalau tadi sudah dijelaskan tentang apa itu Ruby, sekarang mari simak apa saja keunggulan bahasa pemrograman Ruby berikut ini:

  1. Memilki sintaks sederhana
  2. Bahasa pemrograman berbasis objek (OOP)
  3. Hemat Waktu
  4. Keamanan yang tinggi
  5. Open Source
  6. Memiliki Garbage Collector
  7. Mengusung Konsep Single Inheritance

Kekurangan Bahasa Pemrograman Ruby

Meski unggul di beberapa aspek, Ruby juga memiliki sisi kelemahannya. Berikut ini beberapa kekurangan Ruby sebagai bahasa pemrograman:

  1. Performa cenderung lebih lambat
  2. Fleksibilitas tinggi bisa menjadi kendala
  3. Popularitas masih kurang

Penulis:
Ahmad Maulana Fadillah, DH