NF Computer

linux-mint-cinnamon

Panduan Cara Menginstall Linux Mint dengan Sangat Mudah – Cara menginstal Linux Mint sebenarnya gampang-gampang susah. Namun untuk yang sudah tidak asing dengan sistem operasi yang satu ini, sepertinya menginstal Linux Mint merupakan hal yang tidak sulit. Namun sebelum melakukan install, ada sejumlah syarat yang harus di penuli oleh perangkat Anda, seperti di bawah ini:

  • Laptop/PC memiliki RAM minimal 1 GB dan dengan ruang penyimpanan minimal 11GB.
  • Sediakan Flashdisk dengan kapasitas atau storage yang kosong sebanyak 2GB. Flashdisk ini digunakan sebagai media Bootable.
  • Bila Anda menginstal Linux Mint di laptop, maka pastikan baterai laptop tidak habis saat proses instalasi.
  • Download software Rufus untuk membuat bootable USB flash disk.
  • Download file ISO Linux Mint Dekstop Cinnamon 18.3 “Sylvia”
  • Buat bootable USB flashdisk dengan menggunakan Rufus yang sudah didownload sebelumnya.

Cara Setting BIOS agar Booting dari Flashdisk

Saat Anda menggunakan flashdisk sebagai media bootable, maka Anda harus mengatur terlebih dahulu BIOS pada komputer Anda.

  1. Masukkan flashdisk pada laptop, kemudian Restart laptop dan tekan pada keyboard F2atau Del. Hal ini tergantung pengaturan laptop masing-masing untuk masuk ke BIOS.
  2. Pilih tab Boot.
  3. Pada Boot Priority Order, pilih flashdisk Anda > Save and Exitdengan cara menekan F10.

Panduan Cara Menginstall Linux Mint

  1. Setelah melakukan setting BIOS, selanjutnya proses instalasi sistem operasi Linux Mint dimulai, tunggu sampai loading selesai.
  2. Pilih bahasa yang akan dipakai, agar lebih mudah pilih English > Continue.
  3. Di tahap ini, Anda akan mendapat penawaran untuk menginstal software selama prsoes instalasi ataupun setelah selsai. Proses install software tersebut membutuhkan koneksi internet yang cukup baik. Untuk itu, pastikan koneksi internet Anda dalam keadaan baik. Langsung saja klik Continuetanpa menceklis apapun.
  4. Di bagian installation type, pilih Something Else> Continue. Bagian something else ini akan berguna bagi Anda yang ingin membuat partisi Anda sendiri untuk meminimalisir sistem operasi satu lagi (bila dual boot).installer-install-linux-mint-cinnamon
  5. Kemudian, masuk ke bagian partisi. Klik New Partition Tableguna membuat partisi yang Anda inginkan.
  6. Klik Continue.
  7. Partisi akan dibagi menjadi dua bagian, yaitu Swap Areayang biasanya dipakai sebagai memori cadangan, dan yang kedua Root, biasanya digunakan untuk penyimpanan data selama proses isntalasi berlangsung dan tempat penyimpanan setelah selsai proses instalasi. Setelah itu, klik ikon tanda tambah yang ada di pojok kiri bagian bawah.
  8. Isi Size sesuai dengan keinginan Anda. setelahnya, pilih opsi Primary> Beginning of this space> swap area pada Use as >
  9. Partisi swap Anda sudah berhasil dibuat. Langkah selanjutnya membuat partisi baru untuk Root. Caranya, klik tanda tambah seperti sebelumnya.
  10. Isi Size (biasanya telah terisi otomatis) >Logical > Beginning of this space > Ext4 journaling file system > Pilih/ pada Mount point > OK.
  11. Partisi Root sudah berhasil dibuat, kemudian klik Install Now.
  12. Kemudian klik Continue guna melanjutkan proses instalasi.
  13. Pilih Zona Waktu Daerah Anda, Kemudian Continue.
  14. Selanjutnya pilih bahasa > Continue.
  15. Kemudian akan tampil form yang harus disinya. Isi dengan nama Anda, nama komputer, usernam dan yang terakhir password, kemudian Continue.
  16. Tunggu sampai proses instalasi selesai.installer-slideshow-linux-mint-cinnamon
  17. Jika sudah selesai, restart komputer Anda dengan mengklik Restrat Now.installer-finished-linux-mint-cinnamon
  18. Setelah restart selesai, jika dual boot, pilihlah pada Linux Mint di pilihan dual boot. Kemudian masuk ke sistem operasi Linux Mint, masukkan password yang sudah kamu buat sebelumnya, tekan Enter.
  19. Selesai.

Itulah tutorial install Linux Mint. Semoga tutorial di atas membantu dan selamat mencoba.

 


Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di:
Training Center – Kampus NF, Jl. Lenteng Agung Raya No. 20-21
Srengseng Sawah – Jagakarsa, Jakarta Selatan 12640
Tel. 021-7874223, 7874224
WA. 081296421595
Official website >> www.nurulfikri.com
registrasi kontak