NF Computer

Panduan Mudah Cara Belajar dan Memperdalam Linux untuk Pemula – Mempelajari Linux bukan hanya untuk sekedar mengetik dokumen ataupun membuat desain grafis. Untuk itu, agar proses belajar lebih mudah, ada sejumlah skill dasar yang harus Anda miliki saat belajar komputer berbasis Windows, seperti mengetahui sedikit TCP/IP; mengetahui hierarti filesystem dan partisi; mengetahui sedikit hardware dan driver komputer; mengetahui proses booting dan proses install, update ataupun uninstall aplikasi serta mengerti bagaimana resource komputer dan pemakaian resource pada aplikasi.

Syarat-syarat di atas sebenarnya tidak wajib, hanya saja saat Anda sudah mendapatkan ilmu tersebut saat menggunakan Windows, maka belajar Linux akan lebih mudah. Selanjutnya adalah belajar Linux. Ada beberapa tahapan dalam belajar Linux, seperti di bawah ini:

linux-penguin-crt

Mengenal Linux dan Istilah yang Dipakai

Untuk memulai sebuah proses belajar, akan lebih baik kita mengenal terlebih dulu seluk beluk Linux. Langkah awal ini bisa dimulai dengan cara mengenal karakteristik Linux sampai mengenal istilah yang sering digunakan pada Linux. Dengan pemahaman dasar seperti ini, Anda tidak akan bingung lagi saat menemukan istilah asing yang belum pernah dengar ataupun baca pada Linux.

Memilih Distro Terbaik untuk Belajar Linux

Linux merupakan project opensource. Hal ini membuat Linux memiliki banyak sekali distro yang hasil mengembangkan Linux. Distro ini diciptakan sesuai dengan keperluan komunitasnya masing-masing. Oleh karena itulah, kita harus menemukan distro Linux yang tepat untuk memulai belajar Linux. Salah satu distro terbaik untuk belajar Linux adalah Ubuntu dan turunannya.

Belajar Menginstal Linux

Linux bisa diinstal dan dicoba dengan sejumlah cara. Untuk itu, pilihlah salah satu cara menginstal Linux yang cocok dengan kebutuhan dan keadaan Anda. Pertama, Anda harus tahu cara menginstall Linux. Anda dapat menggunakan Virtual Machine (vmware atau virtualbox) sebagai media belajar. Install Linux berdasarkan panduan yang ada. Dengan begitu, Anda akan paham dan mengerti. Belajar Linux harus dengan sabar dan tidak terburu-buru. Yang terpenting adalah Anda paham.

Praktek dan Menghafal Perintah dasar Linux (Essential Linux Commands)

Bila Anda ingin cepat menguasai Linux, maka Anda harus menghafal perintah pokok Linux yang dipakai untuk melakukan konfigurasi dasar terhadap Linux. Apabila Anda menghafal perintah yang satu ini, maka apapun distronya dapat Anda taklukan dengan mudah, dan pastinya Anda tidak akan kebingungan.

Gunakan Linux di Komputer Utama

Proses belajar di virtual machine akan lebih lambat dibandingkan dengan belajar langsung di komputer yang Anda gunakan dalam kegiatan sehari-hari. Dengan menggunakan Linux langsung di komputer utama, maka proses belajar Linux akan menjadi lebih cepat dan terfokus.

Google Sebagai Sahabat Terbaik untuk Memecahkan Suatu Masalah

Google menjadi informan paling penting untuk Anda dalam belajar Linux. Masalah apapun yang Anda alami saat belajar Linux, pasti sudah dialami oleh orang lain lebih dulu. Kebanyakan dari mereka membagikan pengalaman mereka lewat Google dan tentunya dengan senang hati mereka pun melengkapinya dengan solusi. Untuk itu, saat Anda mengalami suatu masalah dalam belajar Linux, tidak perlu khawatir. Sebab ada Google sebagai partner setia Anda.

Membuat Project

Anda bisa membuat project apapun dengan Linux. Contohnya dengan membuat server NAS ataupun membuat webserver atau membuat apapun yang sekiranya dapat digunakan oleh Anda. Dengan membuat suatu project, biasanya Anda akan mendapatkn banyak ilmu baru.

ERROR Adalah Tantangan bukan Musibah

Saat Anda memutuskan belajar Linux, maka sudah harus siap mental saat menghadapi bayak error. Error muncul disebabkan oleh pengetahuan kita yang masih kurang akan hal yang tengah kita pelajari. Untuk itu, jadikan error tersebut sebagai tantangan yang harus Anda selesaikan saat menghadapinya. Saat Anda berhasil mengatasi error tersebut, maka Anda akan mendapat ilmu baru.

Gali informasi lebih dalam. Jangan sampai Anda terus menerus bertanya ke narasumber secar berlebihan. Bertanyalah seperlunya karena akan lebih baik Anda menggalinya sendiri.

Itulah langkah-langkah dalam belajar Linux. Semoga bermanfaat.

 


Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di:
Training Center – Kampus NF, Jl. Lenteng Agung Raya No. 20-21
Srengseng Sawah – Jagakarsa, Jakarta Selatan 12640
Tel. 021-7874223, 7874224
WA. 081296421595
Official website >> www.nurulfikri.com
registrasi kontak