NF Computer

Bimtek Analisis Data dan Penggunaan Software R – PPDPP (Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan) sebagai satuan kerja non eselon di bawah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat memiliki tugas utama menyalurkan dan mengelola dana investasi pemerintah untuk pembiayaan perumahan bagi rakyat. Rakyat atau masyarakat yang seperti apa? PPDPP berkonsentrasi kepada masyarakat kurang mampu di seluruh Indonesia.

Bimtek Analisis Data dan Penggunaan Software R

Berkenaan dengan penentuan tingkatan masyarakat itu maka PPDPP membuat parameter dan melakukan survei agar kredit bantuan perumahan bisa tepat sasaran. Selama ini PPDPP KemenPUPR dalam mengolah data hasil survei menggunakan software yang sudah tidak asing lagi di kalangan akademisi maupun statistika yaitu SPSS. Kelemahan software ini adalah berharga mahal lisensinya dan terbatas atau proprietary.

Untuk efisiensi anggaran dan kebebasan menggunakannya, maka bagian IT dan database mencari software alternatif pengganti SPSS. Pilihannya jatuh pada software statistika R atau R Programming. Untuk mempercepat penguasaan materi R Programming ini PPDPP KemenPUPR kerjasama dengan NF Computer menyelenggarakan bimtek (bimbingan teknis) selama sehari pada 1 Maret 2018.

Kegiatan bimtek ini diikuti sebanyak 10 orang peserta yang sehari-harinya bertugas dalam pengolahan data dan tim IT yang memberikan solusi. Karena software R belum pernah dipergunakan maka Bimtek penggunaan software R ini dimulai dari yang paling dasar yaitu instalasi dan input data. Data pada awalnya menggunakan contoh yang mudah dipahami dalam penggunaan software R dan dilanjutkan sesi kedua menggunakan data sesuai dengan yang diolah oleh PPDPP.

Peserta dapat memahami penggunaan software R ini walau belum optimal dikarenakan keterbatasan waktu bimtek sehingga banyak fitur yang belum bisa tersampaikan, terutama beberapa kasus yang sudah diterapkan dalam SPSS. Di akhir acara bimtek disepakati peserta dan panitia bahwa kegiatan ini akan diteruskan tahun depan dalam bentuk bimtek ke 2 dengan tema R Programming for Data Analysis and Tableu. (YTN)

 

========

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di:
Training Center – Kampus NF,
Jl. Lenteng Agung Raya No. 20-21
Srengseng Sawah – Jagakarsa
Jakarta Selatan 12640
Tel. 021-7874223, 7874224
WA. 0851.0218.5441 ; 081296421595
www.nurulfikri.com
registrasi kontak