NF Computer

Pelatihan Excel Advanced di PT Itochu Indonesia – NF Computer kembali dipercaya menjadi narasumber pelatihan Excel Advanced yang dilaksanakan di PT Itochu Indonesia, Jakarta pada Selasa dan Rabu 29 -30 Novermber 2016. Pelatihan yang berlangsung selama 8 jam itu diikuti oleh 18 orang peserta yang berasal dari beberapa divisi di PT Itochu Indonesia.

Instruktur pelatihan ini adalah Bapak Nasrul, S.Kom, yang didampingi instruktur Bapak Danil Syahrizal, S.Kom. Keduanya sudah berpengalaman menjadi instruktur aplikasi perkantoran pada berbagai pelatihan yang dilaksanakan NF Computer.

Pelatihan Excel Advanced di PT Itochu Indonesia

Pada pelatihan ini, peserta terlebih dahulu mengerjakan Pre Test yang berisikan persoalan spreadsheet dengan MS Excel yang akan dipelajari selama pelatihan. Selanjutnya, untuk menyamakan tingkat pemahaman tentang Excel, instruktur memberikan review mengenai materi dasar Excel.
Materi inti yang dipelajari dalam pelatihan ini antara lain fungsi logika menggunakan IF (dan pengembangannya), penggunaan operator Logika AND dan OR (untuk digunakan dalam Logika majemuk), fungsi khusus untuk mengacu pada data (HLOOKUP dan VLOOKUP), modifikasi string menggunakan fungsi string dan ampersand, pencarian data lanjutan, konversi tipe data numerik ke text (dan sebaliknya), fungsi terkait dengan waktu, dan analisis data menggunakan fungsi statistika basisdata.

Walaupun secara durasi cukup singkat, setelah mengikuti 8 jam pelatihan, skill peserta menunjukkan peningkatan. Hal ini pun tergambar dari hasil Post Test yang menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan dari hasil Pre Test sebelum pelatihan. (DS)