NF Computer

Pada tahun 1983/1984 BPF3K sudah memiliki dua staf elektro medik, tetapi pelayanan kalibrasi alat kesehatan masih dilakukan di Direktorat Instalasi Medik. Dan nama Film Bdage Service sudah berubah menjadi Balai Pemeliharaan Peralatan Proteksi Radiasi dan Kalibrasi (BP3K) yang sudah menjadi embrio dari Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan.

Pada tahun 1989/1990 BP3K menempati gedung di Jl. Percetakan Negara 23 A Jakarta Pusat, dengan jumlah pegawai dan peralatan semakin berkembang. Pada tahun 1993 BP3K berubah nama menjadi Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan (BPFK) dengan anggaran yang dikelola sendiri.

Infografis berasal dari kata infographics dalam Bahasa Inggris yang merupakan singkatan dari information dan graphics adalah bentuk visualisasi data yang menyampaikan informasi kompleks kepada pembaca agar dapat dipahami dengan lebih mudah dan cepat.

Infografis adalah bentuk visualisasi data yang menyampaikan informasi kompleks kepada pembaca agar dapat dipahami dengan lebih mudah dan cepat. Berkembangnya digital marketing belakangan ini memicu pada pelaku pemasaran untuk lebih kreatif dalam mengolah dan menyajikan data. Infographics merupakan salah satu teknik menampilkan berbagai obyek seperti gambar, teks, grafik, dan berbagai obyek lainnya menjadi sebuah tampilan gambar yang menarik.

BPFK Jakarta bekerja sama dengan NF COMPUTER telah menyelenggarakan pelatihan Infografis dan Videogfafi. Training tersebut diselenggarakan di Novotel Jakarta Cikini Hotel. Pelaksanaan training selama dua hari dari tanggal 1 hingga 2 Februari 2021, di ikuti oleh 10 orang peserta. Sebagai narasumber adalah Bapak Sugandi, ST. Karena dilaksanakan pada masa pandemi COVID-19, maka training ini tetap menjalankan protokol kesehatan dengan melakukan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak).

Berikut ini beberapa manfaat infografis:

  1. Untuk penyampaian informasihttps://dev-1.nurulfikri.com/news/inhouse-training-infografis-dan-videografi-bpfk-jakarta/ dengan keterbatasan ruang, waktu dan fokus yang dimiliki oleh pembaca Merampas perhatian pembaca dengan cara yang efisien sehingga pembaca lebih mudah memahami.
  2. Infographis dapat menjadi alat super efektif dalam kampanye pemasaran digital dan infographis tersebut juga bisa digunakan dengan mudah oleh semua kalangan baik itu pengusaha kecil maupun organisasi-organisasi besar.

Ada beberapa kategori karya infografis, di antaranya sebagai berikut:

  1. Vimeo. Infografis statis, merupakan infografis dalam bentuk gambar yang tidak bergerak
  2. Infografis animasi, merupakan infografis dalam bentuk video animasi, baik 2 dimensi maupun 3 dimensi. Infografis ini dapat digunakan pada televisi ataupun media online seperti YouTube atau
  3. Infografis interaktif, merupakan infografis yang ditampilkan pada website dan pengguna dapat berinteraksi dengan informasi yang ditampilkan melalui user interface yang telah didesain. Dengan infografis interaktif pengguna dapat sesuai keinginan mengeksplorasi informasi yang ingin didapatkan.

Berikut ini tools pendukung infografis:

  1. Online Based : Infogram, Piktochart, Easel.ly, Visual.ly, Genial.ly, Canva, Visme, Infografia, dsb.
  2. Offline Based : Ms. PowerPoint, CorelDRAW, Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Adobe Flash, dsb.

Testimoni

…..selama melakukan kegiatan ini, kami merasa terbantu kemampuan ini untuk mengolah data dalam info dan videografis.

…..dengan bertambahnya ilmu, teman-teman bisa bertambah semangat kerjanya dan mengimplementasikan penambahan ilmu di infografi dan videografis.
.
Buat NF dan Pengajaranya “KEREN BANGET”
.
Emytri, MKM
Kepala Seksi Kemitraan dan Bimbingan Teknis – BPFK Jakarta