NF Computer

Mengenal Framework Pemrograman Web PHP – Internet sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting dalam dunia kerja. Dengan adanya internet semakin mempermudah dalam usaha (bisnis). Banyak usaha yang memanfaatkan dengan kehadiran internet ini seperti jual beli maupun layanan kepada customer. Seiring dengan hal tersebut maka dibutukan juga aplikasi yang bisa dijalankan (berbasis web), misal dengan bahasa pemrograman PHP. Untuk menghasilkan aplikasi yang baik (keamanan) dan proses pengerjaan yang cepat maka diperlukan sebuah tools yang disebut Framework.

Framework apa yang cocok dengan bahasa pemrograman PHP? Jawabanya cukup banyak, antara lain YII, CodeIgniter, Laravel, dan Zend. Artikel ini tidak akan membahas perbandingan masing-masing framework karena harus melakukan review yang mendalam, namun mengapa penggunaan framework dalam hal ini adalah framework PHP lebih dianjurkan dalam pengembangan website atau aplikasi berbasis web.

Alasan pengembang aplikasi (programmer) menggunakan framework adalah:

  1. Menghindarkan pekerjaan yang berulang.
  2. Menghasilkan aplikasi dengan keamanan baik.
  3. Interoperability (codebase yang dipergunakan dipahami oleh orang lain).
  4. Hemat biaya (dokumentasi dan maintenace).
  5. Dukungan komunitas yang kuat.

NF COMPUTER sebagai pelopor training open source di Indonesia selalu berusaha menyediakan paket training yang menjadi kebutuhan di dunia kerja. Untuk framework PHP kami menyediakan beberapa paket pelatihan, antara lain:

  • YII Framework: Fundamental dan Advanced
  • CodeIgniter (CI) Framework
  • Laravel Framework
  • Zend Framework

Masing-masing paket memerlukan durasi training selama 28 jam atau dalam 7 kali pertemuan untuk kelas publik. Pilihan hari bisa weekday Senin hingga Kamis atau weekend (Sabtu/Minggu) dengan durasi/pertemuan selama 4 jam. Selain public training NF COMPUTER juga menyelenggarakan in-house training yang materi, lokasi dan waktu pelatihan bisa disesuaikan dengan kebutuhan client (customer).