NF Computer

Pelatihan Jaringan Dasar – Diskominfo Kota Depok – Dinas Komunikasi dan Informatika Kota  Depok bekerja sama   dengan NF COMPUTER menyelenggarakan kegiatan pelatihan peningkatan kompentensi SDM dengan materi jaringan komputer dasar di kantor Diskominfo Depok, 18-19 Juli 2016 selama 12 jam. Pelatihan ini diikuti oleh 10 orang pegawai di lingkungan Diskominfo Kota Depok.

Jaringan komputer (jaringan) adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

Pelatihan Jaringan Dasar - Diskominfo Kota Depok

Pada hari pertama Pelatihan Jaringan Dasar – Diskominfo Kota Depok diadakan pre-test untuk mengetahui kompetensi dasar peserta pelatihan. Materi pelatihan meliputi konsep dasar jaringan komputer berbasis kabel dan wireless LAN, antara lain  pengantar jaringan LAN, TCP/IP, perangkat jaringan, cramping kabel UTP, subnetting, teknologi wireless, channel wireless, dan setting wireless pada perangkat Access Point.

“Pelatihan ini sangat membantu saya dalam teknik memecah suatu jaringan atau network dan alokasi IP address agar lebih efisian dengan subnetting,” tutur salah satu peserta yang bertugas sebagai admin jaringan di RSUD Depok. Materi pelatihan ini disampaikan oleh instruktur NF Computer STT  Wahyu Januar,  A.Md.

Di akhir pelatihan pada hari kedua dilakukan post-test, untuk mengevaluasi seberapa hasil peserta dalam memahami atau menyerap ilmu dari pelatihan tersebut.   Peserta jaringan dasar dan wireless ini akan melanjutkan ikut pelatihan dengan materi jaringan lanjutan yang mencakup antara lain Linux Complete, yakni Dasar-dasar sistem operasi Linux, Linux System Administration, dan Linux Networking, serta Linux Security. (WJA)