NF Computer

Pelatihan Microsoft Excel Untuk Analisis Data P4TK SDMPK dan PMP Alhamdulillah untuk kesekian kalinya, NF Computer STT Nurul Fikri dipercaya kembali oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Melalui Pusat Pengembangan Profesi Pendidik Badan Pengembangan SDMPK dan PMP Kemendiknasbud RI pada tanggal 19 – 22 Mei 2015 mengadakan kegiatan ICT untuk membekali para staffnya dalam bidang IT. Pada kegiatan ICT kali ini panitia mengambil tema “Microsoft Excel untuk Analisis Data”.

NF Computer STT NF mengirimkan 6 orang pengajar untuk mentraining sekitar 70 orang peserta. Pengajar yang diterjunkan adalah Bapak Nasrul S.Pdi sebagai pengajar utama, diasisteni oleh Bapak Yatno SE, Edi Wibowo SE, Nanang Kuswana Amd, Achmad Ilham Amd, Hendra Sasmita Amd dan Bapak Anjas Hendra sebagai pimpinan proyek dari pihak NF Computer STT Nurul Fikri.

Dalam suasana sejuk dan kondusif di area pegunungan Puncak Bogor, kegiatan ini dilaksanakan di hotel Amarsya Cisarua Bogor Jawa Barat selama 4 hari berturut-turut dimulai dari hari selasa sampai dengan hari Jum’at dengan durasi 24 jam. Pada hari selasa 19 Mei 2015 jam 19.00 – 21.00 WIB diadakan pembukaan oleh pejabat dari Pusat Pengembangan Profesi Pendidik Badan Pengembangan SDMPK dan PMP Kemendiknasbud RI. Setelah itu diadakan Pre Test oleh tim pengajar NF Computer STT NF sebagai wadah untuk mengetahui kemampuan basic Ms. Office dari masing-masing peserta. Dua hari berikutnya pelatihan dilaksanakan selam 10 jam per hari dari jam 08.00 – 21.00 WIB.

Selama pelatihan peserta sangat antusias dalam mengikuti pelatihan. Pelatihan sangat interaktif dengan banyaknya peserta memberikan contoh studi kasus dalam pekerjaan sehari-hari terkait analisis data di Ms. Excel untuk dibedah selama pelatihan.Alhamdulillah tim pengajar NF Computer STT Nurul Fikri bisa memberikan solusi terhadap permasalahan yang diberikan peserta.

Di hari terakhir, Jum’at 22 Mei 2015, materi pelatihan dituntaskan sampai jam 10 pagi.Setelah itu diadakan Post Test untuk mengetahui perkembangan pelatihan. Alhamdulillah prosgres dari nilai Pre Test ke Post Test mengalami peningkatan, dari yang sebelumnya belum tahu menjadi tahu dan skill IT khususnya analisis data Ms. Excel meningkat. Acara ditutup oleh pejabat dari Pusat Pengembangan Profesi Pendidik Badan Pengembangan SDMPK dan PMP Kemendiknasbud RI oleh Bapak Edi Tedjo. Dalam pidatonya Bapak Edi mengatakan : “Pelatihan ini sangat penting ini untuk menunjang pekerjaan sehari-hari di tempat kita. Untuk materi yang belum tercover di pelatihan ini, in sya Allah akan diakomodir pada kegiatan ICT selanjutnya dan in sya Allah pihak Nurul Fikri bersedia untuk menjadi nara sumber atau pembicara pada kegiatan ICT selanjutnya”.