NF Computer

Pelatihan Ms. Access Pegawai Ditjen Pajak Rabu, 4 November 2015, NF COMPUTER kedatangan 3 orang staff Dirjen Pajak Republik Indonesia. Bu Kokom datang dari pagi hari. Jam 07:00 beliau sudah hadir di Margonda. Tidak lama kemudian, jam 08:00 hadir pula rekan-rekannya yaitu Pak Danil dan Bu Mifta. Rupanya mereka sangat bersemangat dan tidak sabar untuk segera belajar komputer sehingga dapat menambah kemampuan di bidang tersebut.

Memang benar, beberapa hari sebelumnya Dirjen Pajak sudah melakukan perjanjian dengan NF COMPUTER untuk menyelenggarakan pelatihan terkait pengolahan basis data menggunakan Microsoft Access. Tidak tanggung-tanggung materi yang diminta adalah paket lengkap yaitu basic dan advanced sekaligus. Harapan mereka adalah staff-staffnya dapat benar-benar menguasai aplikasi ini dan dapat diaplikasi dalam pekerjaan sehari-hari di kantor.

Di hari pertama yaitu hari Rabu, 4 November 2015, para peserta pelatihan difasilitasi oleh Pak Nanang yang merupakan salah seorang instruktur di NF COMPUTER. Di hari pertama ini peserta belajar membuat obyek-obyek basis data didalam Acces dan tentu saja mengolahnya dalam berbagai bentuk cara dan tampilan. Adapun materi yang dipelajari pada tingkat dasar ini adalah:

  •       Mengetahui bentuk dan fungsi setiap tool pengolahan basis data didalam Microsoft Access
  • Memahami berbagai jenis data yang dapat diolah didalam Microsoft Access berikut berbagai karakteristiknya
  • Membuat dan mengolah data didalam tabel
  • Membuat relasi antar tabel
  • Mengolah, menghitung dan menyaring data menggunakan query
  • Membuat form sebagai alat untuk memasukkan data dan menampilkan data menjadi lebih user friendly
  • Membuat report sebagai pelaporan data yang telah diolah
  • Membuat Switchboard sebagai halaman muka sebuah basis data
  • Memahami konsep dasar expression sebagai awal dari access programming

Dua hari berikutnya yaitu hari Kamis dan Jumat tanggal 5 dan 6 November 2015, para peserta pelatihan dari Dirjen Pajak ini belajar materi yang lebih tinggi yaitu tentang Access Programming. Dan sebagai instruktur untuk materi ini, NF COMPUTER menurunkan pak Abdul Haris yang memang sangat mumpuni dibidang pemrograman.

Sebagai tahap awal, para peserta diajak mempelajari bagaimana struktur pemrograman Macros yang merupakan bahasa pemrograman khas Microsoft Access. Dan berikutnya agar lebih luas, maka dimulailah pembuatan kode-kode program bahasa c didalam modules. Malahan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pekerjaan para peserta didik, sebagian besar waktu dipergunakan untuk belajar membuat aplikasi didalam visual basic dan diselaraskan dengan database yang telah dibuat didalam Microsoft Access.

Hari Jumat merupakan hari terakhir pelatihan Microsoft Access ini. Kami ucapkan terima kasih atas kesempatan kerjasama dengan Dirjen Pajak Republik Indonesia. Semoga pengetahuan dan keterampilan yang kami ajarkan dapat bermanfaat bagi para peserta dan dapat membantu pekerjaan sehari-hari. Harapan kami, tentu saja kerjasama seperti ini dapat kita jalin kembali dimasa-masa mendatang.