NF Computer

Pelatihan Ms. Project di PT. PP Taisei Proyek merupakan suatu kegiatan usaha yang kompleks, sifatnya tidak rutin, memiliki keterbatasan terhadap waktu, anggaran dan sumber daya serta memiliki spesifikasi tersendiri atas produk yang akan dihasilkan. Dengan adanya keterbatasan-keterbatasan dalam mengerjakan suatu proyek, maka sebuah organisasi proyek sangat dibutuhkan untuk mengatur sumber daya yang dimiliki agar dapat melakukan aktivitas-aktivitas yang sinkron sehingga tujuan proyek bisa tercapai. Organisasi proyek juga dibutuhkan untuk memastikan bahwa pekerjaan dapat diselesaikan dengan cara yang efisien, tepat waktu dan sesuai dengan kualitas yang diharapkan.

 Fungsi dasar manajemen proyek terdiri dari pengelolaan-pengelolaan lingkup kerja, waktu, biaya, dan mutu. Pengelolaan aspek-aspek tersebut dengan benar merupakan kunci keberhasilan dalam penyelenggaraan suatu proyek. Dengan adanya manajemen proyek maka akan terlihat batasan mengenai tugas, wewenang, dan tanggung jawab dari pihak-pihak yang terlibat dalam proyek baik langsung maupun tidak langsung, sehingga tidak akan terjadi adanya tugas dan tangung jawab yang dilakukan secara bersamaan (overlapping).

Di era teknologi informasi yang semakin berkembang untuk membuat perencanaan proyek dapat lebih mudah dikerjakan dengan memanfaatkan salah satu aplikasi perencanaan proyek tersebut, yaitu Microsof Project. Pada tanggal 17-18 April 2015 lalu, Kami selaku NF COMPUTER dipercaya oleh PP TAISEI yang bergerak di bidang industri kontraktor untuk melakukan training dalam memanfaatkan aplikasi Microsft Project untuk membangun perencanaan proyek yang akan dilakukan oleh PP TAISEI.

Melalui pendekatan studi kasus mengenai perencanaan proyek sesuai dengan implementasi yang akan diterapkan PP TAISEI, pelatihan ini disetting 80% langsung praktik hingga di akhir kegiatan diharapkan peserta memiliki kemampuan untuk :

  • Membuat Proyek Baru
  • Menentukan Tanggal Pelaksanaan Proyek
  • Membuat, Mengatur dan Menentukan Daftar Tugas (Task)
  • Mengatur Delay dan Overlap
  • Menentukan Deadline
  • Mengatur Sumber Daya (Baik pekerja, barang/material dan biaya)
  • Memonitoring Pelaksanaan Proyek
  • Menampilkan Grafik Prosentase
  • Mencetak Laporan/Report

Training yang berlokasi di gedung PP PLAZA, Pasar Rebo ini dilaksanakan selama 2 hari dengan jumlah peserta didik kurang lebih 20 orang, dimana mayoritas mereka memiliki latar belakang dibidang industri kontraktor. Dalam  belajar para peserta didik memiliki antusias dan progress belajar yang sangat baik. Apalagi dengan pendampingan dari Bapak Khoirul Umam sebagai instruktur dan Bapak Yuliadi sebagai Asisten Instruktur yang memiliki wawasan luas dalam mengembangkan perencanaan sebuah proyek, lalu di aplikasikan ke dalam Microsft Project. Hal ini tak lepas dari sesi tanya-jawab yang terus dibicarakan tentang bagaimana membuat perencanaan proyek yang lebih efisien. Dengan training yang hanya 2 hari ini dan banyaknya antusias peserta didik. Banyak dari peserta didik merasa materi penerapan aplikasi Microsoft Project belum cukup dan perlu adanya training lanjutan untuk lebih mendalami kembali aplikasi Microsoft Project tersebut.

Alhamdulilah dan terimakasih banyak dengan kepercayaan dan kerjasama PP TAISEI dengan kami selaku NF Computer STT-NF. Sesuai dengan misinya, NF Computer STT-NF selalu berupaya memberikan solusi dan inovasi dalam hal pelayanan training dibidang komputer dengan kualitas terbaik. Semoga kedepannya, NF Computer STT-NF masih tetap dapat berkarya demi terciptanya masyarakat yang berwawasan dan berkemampuan IT yang mumpuni.