NF Computer

Pelatihan Nagios Pegawai Bappenas NMS merupakan tool untuk melakukan monitoring/pengawasan pada elemen-elemen dalam jaringan komputer. Fungsi dari NMS adalah melakukan pemantauan terhadap kualitas SLA (Service Level Agreement) dari Banwidth yang digunakan. Hasil dari pantauan tersebut biasanya dijadikan bahan dalam pengambilan keputusan oleh pihak manajemen, di sisi lain digunakan oleh administrator jaringan (technical person) untuk menganalisa apakah terdapat kejanggalan dalam operasional jaringan.

Menurut Ipswitch (2010), ada 10 alasan utama menggunakan aplikasi monitoring jaringan komputer, yaitu:

  • Mengetahui apa yang sedang terjadi dalam jaringan, dimana solusi NMS selalu memberikan informasi tentang operasional dan konektifitas dari peralatan dan sumber daya yang ada dalam jaringan .

  • Untuk perencanaan peningkatan (upgrade) dan perubahan peralatan jaringan .

  • Dapat digunakan untuk mendiagnosa masalah-masalah dalam jaringan.

  • Sebagai bahan untuk keperluan SLA (service level agreement) .

  • Mengetahui kapan saat yang tepat untuk mengimplementasikan solusi disaster recovery system(pemulihan bencana/masalah) dapat dilaksanakan.

  • Memastikan keamanan sistem beroperasi dengan baik.

  • Memastikan pengguna (client) layanan dalam jaringan terkoneksi dengan server yang mereka butuhkan.

  • Mendapatkan infomasi status jaringan secara remote.

  • Memastikan uptime untuk keperluan pengguna yang tergantung dengan ketersediaan jaringan computer.

  • Menghemat pengeluaran dengan menekan jumlah waktu jaringan down dan memangkas waktu untuk menganalisa masalah

Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) selaku penanggungjawab infrastruktur jaringan dan informasi di BAPPENAS bekerja sama dengan PT Nurul Fikri Cipta Inovasi (NCI) menyelenggarakan Inhouse Training Computer NMS dengan NAGIOS. Tujuan/target dari kegiatan ini adalah suksesnya proses migrasi (upgrade) dari NAGIOS versi 3.0.4 ke 3.2.1

Kegiatan inhouse training berlangsung selama 2 hari yaitu dari tgl 5-6 November 2015 bertempat di kantor Bappenas – Menteng (taman Suropati no 2). Kegiatan berjalan sukses dengan diskusi seluk beluk dan hal-hal yang menyangkut proses upgrade versi.