NF Computer

Pelatihan Video Editing Pegawai Kemenkes RI Senin, 28 September 2015  NF Computer STT Terpadu Nurul Fikri.bekerjasama dengan Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI menyelenggarakan pelatihan mengolah video menggunakan After Effect. Software buatan Adobe ini memang memiliki fitur-fitur yang sangat mumpuni dalam mengolah video disertai koleksi efek yang sangat beragam. Para peserta pelatihan terlihat sangat menikmati proses belajar tersebut

Kegiatan pelatihan dilaksanakan selama 4 hari mulai Senin tanggal 28 September 2015 s.d Kamis tanggal 1 Oktober 2015 didampingi oleh Pak Nanang, salah satu instruktur  NF Computer yang memang seringkali diterjunkan untuk menghandle kelas desain grafis tampak sangat familiar ditengah para peserta didik dari Kemenkes ini. Antusias peserta didik terlihat dari banyaknya pertanyaan dari peserta didik dan diskusi yang terjadi dengan pengajar.

Di hari pertama materi yang diberikan adalah:

  1. Proses yang dilakukan untuk memasukkan berbagai obyek kedalam area kerja After Effects
  2. Teknik pembuatan Composition dan pengaturan konfigurasinya
  3. Langkah-langkah yang harus dilakukan ketika menata obyek-obyek pada Timeline
  4. Proses pemilihan efek yang menarik dan memberikannya kepada suatu obyek seperti gambar dan video
  5. Proses pemilihan transition dan pengaturan peletakannya pada klip video tertentu
  6. Bagaimana mengatur animasi efek gambar dan video
  7. Proses menyimpan video yang telah diedit atau yang biasa disebut sebagai proses rendering.

Kegiatan pelatihan dilanjutkan di hari kedua dengan mempelajari lebih dalam lagi tentang pengolahan efek gambar, pengaturan kamera, dan pencahayaan. Detail materi yang dipelajari adalah:

  1. Proses menghilangkan background video menggunakan Teknik Keying dengan tepat
  2. Proses menghapus gambar atau obyek video (Garbage Matte) menggunakan teknik masking
  3. Proses mengatur kestabilan tampilan video menggunakan fasilitas Stabilize Motion
  4. Teknik menambahkan obyek yang akan mengikuti suatu area obyek menggunakan fasilitas Tracking Motion
  5. Mengatur tampilan 3 dimensi dengan menentukan konfigurasi tampilan View 3D
  6. Membuat layer Camera View, sehingga memungkinkan pembuatan animasi menggunakan view dari posisi kamera yang telah dibuat.
  7. Membuat obyek Lighting, sehingga dapat dibuat animasi video dengan menggerakan sumber cahaya atau arah cahaya berpendar.

Setelah 2 hari penuh belajar tentang efek dan animasi obyek didalam After Effect, maka pada hari ketiga yaitu hari Rabu tanggal 30 September 2015, para peserta didik diajak untuk mempelajari:

  1. Bagaimana proses pembuatan tulisan atau judul menggunakan tool Title beserta pengaturan tampilan tulisannya melalui panel Text Properties.
  2. Teknik pemberian efek-efek yang khusus untuk obyek berupa tulisan atau judul
  3. Menggabungkan layer-layer menjadi satu menggunakan fasilitas Pre Compose
  4. Modifikasi efek particle sehingga menjadi sebuah obyek tertentu dan mengatur pergerakannya sehingga menjadi tampilan animasi yang menraik
  5. Mengatur animasi obyek menggunakan script-script pemrograman yang terdapat pada fasilitas Expression

Pada hari terakhir, dipelajari tentang teknik mengolah suara menggunakan Audacity yang merupakan salah satu software pengolah audio freeware yang sangat powerfull dalam mengolah audio.

  1. Membuat tulisan (text) berbentuk 3 dimensi dan mengatur animasinya
  2. Membuat animasi tulisan bergerak mengikuti suatu alur atau path (Text Along Path)
  3. Mengolah data berupa audio dari mulai memotong lagu, memberikan efek suara Fade in dan Fade Out, mengelola Audio Arrangement, menghilangkan noise menggunakan Noise Removal, hingga proses export dokumen menjadi file suara seperti wav atau mp3.
  4. Teknik memasukkan berbagai file suara kedalam area kerja After Effect, dan mengatur konfigurasinya.

Setelah kegiatan training ini selesai, kami di NF Computer  berharap teman-teman di Kemenkes dapat semakin berkarya didunia multimedia menggunakaan After Effects. Terima kasih kami haturkan atas kerjasamanya yang baik selama ini, teriring harapan agar kedepannya pelatihan-pelatihan serupa dapat kita selenggarakan kembali.