NF Computer

Training Web Programming dengan Yii FrameworkTraining Web Programming dengan Yii Framework – NF COMPUTER bekerja sama dengan Inspektorat Jendral Kementerian Pertanian Republik Indonesia mengadakan Training Web Programming dengan Yii Framework selama 40 jam pada 6-10 Maret 2017 di Gedung B Kementerian Pertanian RI, Jakarta. Pengajar pelatihan ini Bapak Nasrul, S.Pd.I, S.Kom, yang sudah berpengalaman di bidang Pemrograman dan Database serta sudah memiliki sertifikat nasional di bidang Pemograman Web.

Training Web Programming dengan Yii FrameworkMateri pelatihan Web Programming diawali dengan pengantar bahasa pemograman PHP yang mencakup tipe data, variabel, proses form, struktur kendali, array, method, dan OOP di dalam PHP. Materi dilanjutkan dnegan PHP Framework menggunakan Yii2, yang mencakup cara instalasi dan konfigurasi, konsep MVC, CRUD App, relasi tabel, filter data, laporan dalam bentuk PDF, Excel, Word, manajemen user dan role. Peserta juga dikenalkan dengan database MySQL yang didahului mendesain database dengan studi kasus monitoring bantuan alat-alat pertanian.

Training Web Programming dengan Yii Framework

Menurut Bapak Arief – staf Itjen Kementan RI, training ini dilaksanakan dalam rangka migrasi aplikasi database berbasis Ms Access ke aplikasi berbasis web. Setelah pelatihan ini selesai, peserta diharapkan secara bertahap dapat memigrasikan aplikasi-aplikasi berbasis Ms Access ke aplikasi berbasis web agar lebih bermanfaat untuk keperluan organisasi. (NS)