NF Computer

Training XML dan Web Service di Kemenhub RI – Nurul Fikri Computer kembali diberi kepercayaan oleh Direktorat Navigasi dan Penerbangan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia untuk mengirimkan narasumber pelatihan XML dan Web Service bagi para staf yang berada di lingkungan Direktorat Navigasi dan Penerbangan Kemenhub RI.

Training XML dan Web Service di Kemenhub RI

Pelatihan ini dilaksanakan dengan total durasi 36 jam yang dilaksanakan setiap hari Selasa sampai Jumat jam 09.00–61.00 WIB selama 6 kali pertemuan mulai tanggal 7 Maret hingga 6 April 2018 di Direktorat Navigasi dan Penerbangan Kemenhub RI lantai 22 jalan Merdeka Barat Jakarta Pusat.

Instruktur pelatihan ini Bapak Nasrul, S.Pd.I, S.Kom dan Bapak Sirojul Munir S.Si, M.Kom yang sudah berpengalaman pada bidang pemograman dan database serta telah memiliki sertifikat kompentensi nasional di bidang pemograman web. Pelatihan XML dan Web Service ini meliputi topik sebagai berikut:

  • Pengantar Pemrograman Java Fundamental
  • Pengantar Java Server Page
  • Pengantar XML
  • Pengantar Web Service
  • Membuat Web Service dengan RESTful
  • Mengonsumsi RESTful Web Service

Bapak Taruna salah satu pejabat di lingkungan Direktorat Navigasi dan Penerbangan Kemenhub RI mengharapkan melalui pelatihan ini agar para peserta dapat mengenal dan meningkatkan kompetensi di bidang IT khususnya pada materi XML dan Web Service.

Bapak Taruna juga mengusulkan untuk melanjutkan training ini dengan materi database, tepatnya database PostgreSQL. (Nasrul)