NF Computer

Uji kompetensi Mahasiswa di NF Computer Nurul Fikri Dalam rangka meningkatkan kompetensi mahasiswa jurusan Program Profesional Teknik Informatika NF Computer STT Nurul Fikri, maka pada tanggal 16 April 2015 diselenggarakan Sertifikasi Uji Kompetensi TIK dengan materi Word Processor, SpreadSheet dan Presentasi yang bekerja sama dengan LSK-TIK.

Adapun kegiatan tersebut diawasi oleh Dra. Imas Nurlelawati, beliau adalah penilik atau pengawas dari dinas pendidikan non formal informal (PNFI) kota Depok. Jumlah mahasiswa yang mengikuti kegiatan tersebut kurang lebih 14 orang. Semoga hasilnya lulus dan semua mahasiswa mendapatkan sertifikasi kompetensi TIK yang dapat digunakan sebagai portofolio mereka dalam mencari pekerjaan nanti.

Seperti kita ketahui bersama Sertifikasi kompetensi adalah bentuk pengakuan publik atau lembaga terhadap keahlian atau kompetensi yang dimiliki oleh seseorang setelah melalui beberapa tahap uji.

Pemerintah melalui UU Ketenaga Kerjaan Nomor 13 Tahun 2003 dilanjutkan dengan keluarnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 Tahun 2004 tentang Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan PP 31 Tahun 2006 tentang Sistem Pelatihan Kerja Nasional menunjukkan bahwa pelaksanaan sertifikasi tenaga kerja di berbagai sektor industri semakin meningkat.

Sertifikasi Kompetensi TIK salah satunya, dengan memiliki sertifikasi kompetensi TIK ini seseorang dikatakan telah kompeten dalam pemanfaatarn dan pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi.

Bidang TIK yang diujikan diantaranya:

1. Aplikasi Perkantoran

2. Disain dan Pemrograman Web

3. Instalasi dan Maintenance Jaringan Komputer

4. Sistem dan Manajemen Database

5. Sistem Operasi

6. Disain Grafis

Seseorang yang telah memiliki sertifikasi kompetensi maka ia akan memperoleh banyak manfaat, diantaranya:(http://www.bnsp.go.id/publik/content?id=37&menu=Keuntungan_Sertifikasi).

1. Bagi Pencari Kerja yang mempunyai sertifikat kompetensi

a. Kredibilitas dan kepercayaan dirinya akan meningkat

b. Mempunyai bukti bahwa kompetensin yang dimiliki telah diakui

c. Bertambahnya niali jual dalam rekrutmen tenaga kerja

d. Kesempatan berkarir yang lebih besar

e. Mempunyai parameter yang jelas akan adanya keahlian dan pengetahuan yang dimiliki

2. Bagi Karyawan di tempat kerja yang telah bersertifikat

a. Jenjang karir dan promosi yang lebih baik

b. Meningkatkan akses untuk berkembang dalam profesinya

c. Pengakuan terhadap kompetensi yang dimiliki

3. Bagi Perusahaan / Tempat Kerja

a. Produktivitas meningkat

b. Mengurangi kesalahan kerja

c. Komitmen terhadap kualitas

d. Memudahkan dalam penerimaan karyawan

e. Mempunyai karyawan yang berdaya saing, terampil dan termotivasi

NF Computer STT Nurul Fikri merupakan lembaga pendidikan tempat pelatihan dan pembelajaran TIK yang beralamat di Jl. Margonda Raya No.522 Depok, sekaligus sebagai fasilitator Uji Kompetensi TIK bekerjasama dengan LSKTIK selaku LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) dibawah BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). Akhir bulan Maret 2015 lalu NF Computer STT NF menyelenggarakan Uji Kompetensi TIK yang bekerjasama dengan LSK TIK dengan materi yang di ujikan berupa aplikasi perkantoran (word processor, spreadsheet dan presentasi).

Adapun kegiatan tersebut diikuti oleh 12 peserta dengan berbagai latar belakang pekerjaan, diantaranya guru tik tingkat sekolah dasar hingga menengah atas, dosen, pengajar kursus, dan manajer operasional. Dari 12 peserta tersebut hanya satu peserta yang lulus uji kompetensi dari tiga materi, yaitu peserta yang berasal dari NF Computer STT NF. Sedangkan peserta dengan latar belakang manajer operasional tidak lulus uji kompetensi untuk ketiga materi. Hal tersebut membuktikan bahwa uji kompetensi diperlukan dan dibutuhkan suatu lembaga sebagai tolak ukur kompetensi karyawannya.

NF Computer STT NF akan kembali menyelenggarakan Uji Kompetensi TIK pada tanggal 16 April 2015 untuk kalangan internal dan eksternal. Diharapkan pada uji kompetensi kali ini jumlah peserta yang lulus akan meningkat.

Untuk informasi lebih lanjut kunjungi situs kami di: http://nf.computer.nurulfikri.ac.id/index.php/sertifikasi-it/2014-01-16-01-38-43/sertifikasi-blankon/15-it-certification/nasional/21-NF-Computer-nf.